ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARAN
Nah teman-teman kali ini saya akan berbagi pengetahuan tentang Administrasi Sarana dan Prasarana, semoga bermanfaat bagi pembacanya.
A.
Pengertian Administrasi Sarana Prasarana
Sarana
pendidikan adalah peralatan dan perlengkapan yang secara langsung
dipergunakandan menunjang proses pendidikan khususnya proses belajar mengaja.
Contohnya: gedung, ruangkelas, meja, kursi.
Administrasi
Sarana dan Prasarana pendidikan merupakan seluruh proses yang direncanakan dan
diusahakan secara sengaja dan bersungguh-sungguh serta pembinaan secara kontinu
terhadap benda-benda pendidikan, agar senantiasa siap pakai (ready for use)
dalam PBM sehingga PBM semakin efektif dan efisien guna membantu tercapainya
tujuan pendidikan yang telah ditetapkan.
B.
Proses Administrasi Sarana dan Prasarana
Proses
Proses
manajemen sarana prasarana pendidikan yang akan dibahas di sini berkaitan
eratdengan:
a
Perencanaan sarana prasarana pendidikan
islam
Perencanaan merupakan
fungsi pertama yang harus dilakukan dalam proses manajemen. Proses perencanaan
pengadaan perlengkapan sekolah merupakan kegiatan yang tidak mudah, membutuhkan
analisis yang teliti dan memperhatikan kualitas sarana dan prasarana yang
dibutuhkan. Ketersediaan dana juga memperhatikan skala prioritas dalam pengadaannya. Oleh karena itu,
dalam proses perencanaan ini harus melibatkan semua personel sekolah agar
dapat diketahui secara pasti tentang kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan oleh
sekolah, utamanya yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran di
sekolah. Personel yang terlibat dalam proses perencanaan ini harus mengetahui
secara pasti anggaran yang dikeluarkan oleh sekolah, harga sarana dan prasarana
yang dibutuhkan. Selain itu, juga harus memberikan analisis tentang skala.
b
Pengadaan sarana dan prasarana
pendidikan Islam
Pengadaan sarana
prasarana pendidikan disekolah pada hakikatnya adalah kelanjutan dari program
perencanaan yang telah disusun oleh sekolah sebelumnya. Dalam pengadaan ini
harus dilakukan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya dengan
memperhatikan skala prioritas yang dibutuhkan oleh sekolah dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan
proses pembelajaran. Memilih sarana dan prasarana bukanlah berupa resep yang
lengkap dengan petunjuk-petunjuknya lalu pendidik menerima resep begitu
saja.
c
Inventarisasi sarana dan prasarana
pendidikan Islam
Inventarisasi dapat
diartikan sebagai pencatatan dan penyusunan daftar barang-barang milik
Negara secara sistematis, tertib dan teratur berdasarkan ketentuan-ketentuan atau pedoman-pedoman
yang berlaku. Hal ini sesuai dengan keputusan mentri keuangan RI Nomor
Kep.225/MK/V/4/1971 bahwa barang milik negara berupa semua barang yang berasal atau dibeli
dengan dana yang bersumber baik secara keseluruhanatau
bagian sebagainya dari APBN atupun dan lainya yang barang- barangnya
dibawah penguasaan kantor departemen dan kebudayaan, baik yang
berada didalam maupun luar negeri.
d. Pendistribusian
Sarana Prasarana Sekolah
Penditribusian perlengkapan
merupakan kegiatan pemindahan barang dan tanggung jawab penyimpanan kepada
unit-unit atau orang-orang yang membutuhkan barang itu. Dalam prosesnya ada 3
hal yang harus di perhatikan yaitu ketepatan barang yang di sampaikan, baik
jumlah maupun jenisnya; ketepatan sasaran penyampaiannya, ketepatan kondisi
barang yang di salurkan.
e. Pengawasan
dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan Islam
Pengawasan merupakan
salah satu fungsi manajemen yang harus dilaksanakan oleh pimpinan organisasi.
Berkaitan dengan sarana prasarana pendidikan di sekolah,
perlu adanya control baik dalam
pemeliharaan atau pemberdayaan. Pengawasan terhadap sarana
prasarana pendidikan disekolah merupakan usaha yang ditempuh oleh pimpinan
dalam membantu personil sekolah untuk menjaga atau memelihara dan memanfaatkan
sarana prasarana sekolah dengan sebaik mungkin demi keberhasilan proses
pembelajaran disekolah.
Pemeliharaan terhadap
sarana dan prasarana disekolah merupakan aktifitas yang harus dijalankan untuk
menjaga agar perlengkapan yang dibutuhkan oleh personil sekolah dalam kondisi
siap pakai. Kondisi siap pakai ini akan sangat membantu
terhadap kelancaran proses pembelajaran yang dilaksanakan disekolah. Oleh
karena itu, semua perlengkapan yangada disekolah membutuhkan perawatan,
pemeliharaan dan pengawasan agar dapat diberdayakan dengan sebaik mungkin.
f. Penghapusan
sarana dan prasarana sekolah
Penghapusan sarana
prasarana pendidikan adalah kegiatan meniadakan barang-barang
milik lembaga (bisa juga milik negara) dari daftar inventaris
dengan cara berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Kepala sekolah
memiliki kewenangan utuk melakukan penghapusan terhadap perlengkapan sekolah. Namun
perlengkapan yang akan dihapus harus memenuhui persyaratan-persyaratan
penghapusan.
C.
Peran Guru dalam Adm. Sarana dan
Prasarana Sekolah
a. Perencanaan
kebutuhan
b. Pengadaan
sarana dan prasarana pendidikan
c. Penyimpanan
prasarana dan sarana pendidikan
d. Inventarisasi
prasarana dan sarana pendidikan.
e. Pemeliharaan
sarana dan prasarana pendidikan
f. Pelaksanaan
pemeliharaan sarana dan prasarana.
g. Penghapusan
sarana dan prasarana pendidikan
h. Pengawasan
sarana dan prasarana pendidikan
Peranan
guru dalam administrasi sarana dan prasarana pendidikan adalah dimulai dengan
perencanaan, pemanfaataan, pemeliharaan, serta pengawasan penggunaan prasarana
dan sarana yang dimaksud. Itlah sedikit materi tentang Administrasi Sarana dan Prasarana. Semoga bermanfaat, terima kasih.